Senin, 16 November 2015

Sejarah Desa Tumbuh Mulia

Sahabat KTTM, Anda ingin mengenal desa Tumbuh Mulia lebih jauh? inilah sejarah singkat desa Tumbuh Mulia yang akan kami paparkan melalui psotingan kali ini. Meskipun cukup singkat namun semoga saja bisa mengurangi dahaga Anda yang ingin mengetahui desa Tumbuh Mulia.

Desa Tumbuh Mulia sebagai desa baru merupakan pemekaran Desa Suralaga yang terbentuk pada tanggal 1 Juni 2010 berdasarkan Peraturan Bupati Lombok Timur Nomor 21 Tahun 2010 dengan status sebagai desa persiapan. Namun sebelumnya pemekaran Desa Suralaga berawal dari pemekaran Desa Mekar Jaya dengan 4 (empat) Kekadusan yakni Dusun Dasan Tumbu, Dasan Borok, Gegurun dan Dasan Gerung, dimana dalam perkembangannya terjadi konflik horizontal antara masyarakat yang tidak setuju dengan penetapan lokasi kantor Desa Mekar Jaya, sehingga sebagai solusi alternative untuk menyelesaikan konflik yang berkepanjangan, maka Pemerintah Kabupaten Lombok Timur membubarkan Desa Mekar Jaya dengan membentuk 3 (tiga) desa dari eks Desa Mekar Jaya yakni masing-masing Desa Tumbuh Mulia, Desa Dasan Borok dan Desa Tumbuh Mulia, sehingga pemekaran Desa Suralaga yang seharusnya menjadi 2 (dua) desa kini mekar menjadi 4 (empat) desa.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Timur Nomor 15 Tahun 2010 telah ditetapkan Desa Tumbuh Mulia menjadi desa definitive dengan pusat pemerintahan ditetapkan di Dusun Dasan Tumbu yang terdiri dari 3 (tiga) dusun masing-masing Dusun Dasan Tumbu, Gegurun dan Dasan Kulur.
Sesuai Keputusan Bupati Lombok Timur Nomor : 800/241/PEGDIKLAT/2010, tanggal 1 Juni 2010 telah ditetapkan Pejabat Sementara Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk pertama kalinya adalah sebagai berikut :
1.       Pejabat Sementara Kepala Desa sdr. PELITA YATNA, S.Sos
2.       Pejabat Sementara Sekretaris Desa sdr. LALU PUTRA, SH
3.       Pejabat Sementara Kaur Pemerintahan dan Trantib sdr. MUH. ZAINI
4.       Pejabat Sementara Kaur Kesra dan Ekbang sdr. AMAN, SH
5.       Pejabat Sementara Kaur  Umum dan Keuangan sdr. AMRILLAH, S,Pd

Demikian sejarah singkat Desa Tumbuh Mulia sebagai desa baru di Lombok Timur ini yang sedang berbenah menuju desa religius dan mandiri untuk mensejajarkan diri dengan desa-desa lain di Kabupaten Lombok Timur yakni dengan motto “Bersatu."


Sumber : http://erwinapriantoblogger.blogspot.com, http://kabartumbuhmulia.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar